welcome in this blog

Minggu, 12 Mei 2013

penjualan online

penjualan online

penjualan online / belanja online adalah proses pedagangan barang di dunia maya. artinya penjual dan pembeli dalam proses jual beli tersebut tidak bertemu langsung di dunia nyata.
contoh kasus penjualan online

sebenarnya saya sendiri pun pernah mengalami kasus penjualan online dimana saya selaku customer merasa di rugikan oleh penjual. saya pernah membeli jam tangan di situs jual beli online dimana barang yang saya beli di situs online tidak sama dengan barang yang saya terima saat barang itu datang. saya memesan jam bermerek swiss army HLC9711 yang memiliki warna putih ternyata ketika barang sampai yang saya dapat malah yang berwarna putih dengan cacat di bagian talinya. hal itu cukup membuat saya kecewa karena apa yang saya pesan tidak sama dengan apa yang saya terima. dan banyak titik cacat pada barang.

analisis dari model penjualan online

pada proses jual beli online pasti ada tahap-tahap yang kita lakukan sebelum dan sesudah menjual / membeli barang online.
pertama-tama mungkin anda harus menentukan barang apa yang akan anda beli secara online.
kedua anda harus memilih situs penjualan online. penulis sarankan untuk mengunjungi situs-situs jual beli online yang sudah terkenal karena barnag-barang yang di tawarkan pun akan lebih banyak di banding situs-situs penjualan online yang asing /tidak terkenal.
ketiga pilihlah barang yang akan anda beli dengan bijak karena tidak semua barang yang ditawarkan pada situs penjualan online tersebut bagus. jangan lupa baca komentar/rekomendasi pengunjung kepada penjual semakin banyak komentar / rekomendasi positif maka semakin bagus service yang di berikan si penjual sehingga anda bisa terhindar dari penipuan di dunia maya.
keempat pilih proses pembayaran bisa melalui ATM ataupun COD yaitu bertemu langsung penjual dan pembeli di tempat yang sudah ditentukan sebelumnya. setelah melakukan pembayaran elektronik maka biasanya resi dari proses transfer anda simpan
kelima jangan lupa meminta nomer resi pengiriman sebagai bukti bahwa barang yang kita pesan benar-benar penjual kirim.
keenam proses pengiriman barang apabila melalui pembayaran elektronik maka barang biasanya akan di kirim melalui jasa pengiriman barang seperti POS INDONESIA, JNE, TIKI dll.
ketujuh jika barang sampai dan tidak ada cacat atau barang yang diterima memuaskan maka biasanya pembeli akan meninggalkan komentar di laman situs dimana dia membeli barang tersebut sebagai bukti kepuasan atas servis penjual.

keamanan untuk melakukan pembayaran

seperti yang sudah penulis sebutkan di atas untuk lebih amannya pembayaran dilakukan dengan cara COD cash on delivery. jadi barang akan dibayar kalau barang diantarkan. biasanya penjual dan pembeli membuat janji untuk melakukan proses jual beli di suatu tempat. tapi jika anda tidak ingin repot maka melakukan pembayaran elektronik dengan ATM. kalau saran penulis simpan record pembayarn seperti resi transfer. kemudian jangan lupa baca komentar/rekomendasi pengunjung kepada penjual semakin banyak komentar / rekomendasi positif maka semakin bagus service yang di berikan si penjual sehingga anda bisa terhindar dari penipuan di dunia maya. lalu bandingkan harganya dengan yang ada di pasaran.usahakan jangan ambil barang jika harga yang ditawarkan sangat murah dibanding yang ada dipasaran bisa saja barang yang ia jual imitasi.lalu baca privacy policy. memberi tahu alamat dan nama dibutuhkan saat proses pembayaran. tapi ingat jangan berikan informasi penting seperti social security number dan seberapa banyak yang kau buat. dan jangan lupa meminta no. resi pengiriman barang. dengan demikian bisa menjauhkan anda dari tindak penipuan di dunia maya.

mungkin itu saja yang bisa penulis berikan semoga proses pembelian online anda aman.

2 komentar:

  1. Tulisan yang bagus....untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan memang perlu dilakukan....
    thanks bro....

    BalasHapus
  2. trimakasih buat informasiCara Meningkatkan Penjualan Onlinenya, salam sehat dan sukses selalu..

    BalasHapus