welcome in this blog

Selasa, 05 Juni 2012

manusia dengan kebudayaan

Manusia sangat berkaitan dengan Kebudayaan. Kebudayaan juga bisa disebut dengan tradisi yang sudah menjadi biasa. atau suatu aturan yang diimplementasikan menjadi sebuah kebiasaan. tanpa ada kebudayaan manusia tidak mempunyai aturan dan tradisi.


Dengan adanya Manusia maka akan terbentuk suatu komunitas. dengan adanya komunitas maka akan terbentuk suatu kebudayaan atau suatu tradisi atas komunitas tertentu.

Menurut dimensi wujudnya, kebudayaan mempunyai tiga wujud yaitu,
  1.  Kompleks gagasan, konsep, dan pikiran manusia 
  2.  Kompleks aktivitas. 
  3.  Wujud sebagai benda.

Secara sederhana hubungan antara manusia dan kebudayaan adalah manusia sebagai perilaku kebudayaan, dan kebudayaan merupakan obyek yang dilaksanakan manusia.

Dari sisi lain, hubungan antara manusia dan kebudayaan ini dapat dipandang setara dengan hubungan antara manusia dengan masyarakat dinyatakan sebagai dialektis, maksudnya saling terkait satu sama lain, proses dialektis tercipta melalui tiga tahap,yaitu:
  1. Eksternalisasi, yaitu proses dimana manusia mengekspresikan dirinya dengan membangun dunianya 
  2. Obyektivasi, yaitu proses dimana masyarakat menjadi realitas obyektif. 
  3. Internalisasi, yaitu proses dimana masyarakat disegrap kembali oleh manusia

Kebudayaan dan peradaban

Sebuah peradaban adalah sebuah masyarakat yang telah mencapai tingkat kerumitan tertentu, umumnya termasuk perkotaan dan pemerintahan berlembaga, agama, iptek, sastra serta filsafat. Perkotaan paling awal di dunia ditemukan di dekat rute perdagangan penting kira-kira 10.000 tahun lalu (Yeriko, Çatalhöyük). Kebudayaan manusia dan ekspresi seni mendahului peradaban dan dapat dilacak sampai ke palaeolithik (lukisan goa, arca Venus, tembikar / pecah belah dari tanah). Kemajuan pertanian memungkinkan transisi dari masyarakat pemburu dan pengumpul atau nomadik menjadi perkampungan menetap sejak Milenium ke-9 SM. Penjinakan hewan menjadi bagian penting dari kebudayaan manusia (anjing, domba, kambing, lembu). Dalam masa sejarah ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang bahkan lebih pesat (lihat Sejarah iptek).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar