penulisan kali ini bertujuan untuk menjelaskan tentang teori game secara umum untuk menyelesaikan tugas mata kuliah soft skill.
PENGERTIAN
GAME
Teori
Permainan (Game theory)
teori
permainan (game theory) adalah suatu pendekatan matematis untuk merumuskan
situasi persaingan dan konflik antara berbagai kepentingan. Teori ini
dikembangkan untuk mmenganalisa proses pengambilan keputusan dari situasi-situasi
persaingan yang berbeda-beda dan melibatkan dua atau lebih kepentingan. Dalam
permainan, pihak pertama disebut dengan pemain baris sedangkan pihak kedua
disebut pemain kolom. Anggapannya adalah bahwa setiap pemain (individual atau
kelompok) mempunyai kemampuan untuk mengambil keputusan secara bebas dan
rasional.Teori permainan merupakan metode analisis ekonomi mikro pada tingkat
menengah mengenai pengambilan keputusan. Dalam pengambilan keputusan terdapat
strategi yang bersifat interaktif di antara pelaku-pelaku ekonomi. Proses
tersebut dapat dianalisis dalam berbagai model permainan.
Teori
permainan pertama kali ditemukan oleh sekelompok ahli Matematika pada tahun
1944. Teori itu dikemukakan oleh John von Neumann and Oskar Morgenstern yang
berisi :
“Permainan terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun untuk meminimalkan kemenangan lawan. Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain, sejumlah keterangan diterima setiap pemain sebagai kemajuan bermain, dan sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.”
“Permainan terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun untuk meminimalkan kemenangan lawan. Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain, sejumlah keterangan diterima setiap pemain sebagai kemajuan bermain, dan sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.”
Bagian-bagian pada game theory:
1.
One-shot : contohnya jika dua orang bertemu dan
tahu bahwa mereka hanya akan sekali saja bertemu, terjadi kasus dimana mereka
tidak menjaga reputasi mereka. Mereka berbuat buruk karena tahu bahwa tindakan
mereka tidak akan menimbulkan tindakan lain di kemudian hari.
2. Repeated;
finite ; terjadi misalkan ketika orang tahu bahwa 10 hari lagi dia akan
mati. Maka segala ekspektasi tersebut mengubah behaviornya untuk berpikir
mengenai hari akhir ke-10. Ini membuat orang menjadi desperate dan bertindak di
luar dugaan atau disebut juga efek akhir.
3. Repeated;
infinite: terjadi dimana seseorang menjaga reputasinya karena ia yakin akan
berinteraksi dengan pihak lain in the near future and more
DEFINISI GAME
Game
berasal dari kata bahasa inggris yang memiliki arti dasar Permainan. Permainan
dalam hal ini merujuk pada pengertian “kelincahan intelektual” (intellectual
playability). Game juga bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi
pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan
intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu
menarik untuk dimainkan secara maksimal. Pada awalnya, game identik dengan
permainan anak-anak. Kita selalu berpikir game merupakan suatu kegiatan yang
dilakukan oleh anak-anak yang dapat menyenangkan hati mereka. Dengan kata lain,
segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan
pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai game. Tetapi yang
akan dibahas pada kesempatan ini adalah game yang terdapat di komputer, baik off
line maupun online. Saat ini perkembangan games di komputer sangat cepat. Para
pengelola industri game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata
dan menarik untuk para pemainnya.
Hal
inilah yang membuat perkembangan games di komputer sangat cepat. Sehingga games
bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi.
Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual
para penggunanya. Jadi, bermain game adalah suatu proses “fine tuning” (atau
penyamaan frekuensi) dari logika berpikir anak-anak kita dengan logika berpikir
aplikasi komputer yang canggih tadi. Pada saat bersamaan, game juga secara
nyata mempertajam daya analisis para penggunanya untuk mengolah informasi dan
mengambil keputusan cepat yang jitu. Namun, tentu saja kenyataan juga harus
kita masukkan kedalam perhitungan. Kenyataan itu diantaranya adalah kecanduan
para pemain / penggunanya yang akut terhadap permainan komputer semacam ini.
Mereka bisa lupa segala-galanya akan tugas mereka yang lain termasuk tugas
menuntut ilmu.
JENIS-JENIS GAME
Jenis-jenis
game biasanya digunakan untuk mengkatagorikan sebuah game berdasarkan dari
interaksi gameplay daripada perbedaan tampilan atau narasi. Sebuah jenis game
dapat didefinisikan dengan kumpulan dari sebuah tipe permainan dari game
tersebut. Game-game tersebut dapat diklasifikasikan dengan berbagai pengaturan
atau dari konten dari isi game tersebut, tidak seperti hasil fiksi seperti
films ataupun buku. Sebagai contoh, sebuah game action tetap saja disebut game
action, biarpun game tersebut mengambil tempat di dunia fantasi ataupun di
ruang angkasa.
Action
Sebuah
game action membutuhkan pemain dengan kecepatan reflex, akurasi, dan ketepatan
waktu untuk menghadapi sebuah rintangan. Ini adalah dasar dari kebanyakan
sebuah jenis game, dan salah satu yang dibutuhkan oleh pemain. Game action
biasanya mempunyai gameplay yang berhubungan dengan pertarungan. Banyak sekali
sub jenis dari game action, contohnya fighting games dan first-person shooters.
Beat 'em up/ Hack and Slash
Game
Beat 'em up dan hack and slash mempunyai ciri pertarungan jarak dekat antara
satu dengan banyak musuh. Jenis game ini menjadi populer pada tahun 1987 dengan
di rilisnya Double Dragon, yang disusul oleh banyak game yang mirip dengan game
tersebut.
Fighting Game
Game
fighting biasanya mempunyai ciri pertarungan satu lawan satu antara dua
karakter, yang dimana salah satu dari karakter di kendalikan oleh komputer.
Salah satu contoh game fighting adalah Street Fighter II.
Maze Game
Game
Maze biasanya mempunyai tempat bermain yang berisikan maze atau teka-teki, yang
dimana pemain harus menggerakan/menavigasikan. Salah satu game maze yang paling
terkenal adalah Pac-Man.
First-Person Shooter
Game
First-Person Shooter, yang biasanya dikenal dengan sebutan FPS menekankan
pemotretan dan tempur dari perspektif karakter yang dikendalikan oleh pemain.
Perspektif ini dimaksudkan untuk memberikan pemain perasaan "berada di
sana", dan memungkinkan pemain untuk fokus pada bidikan. Contoh game
seperti ini antara lain Team Fortress, Halo, Killzone, Metroid Prime, Unreal
Tournament, Call of Duty, TimeSplitters, masih banyak lagi.
MMOFPS
Game massively multiplayer online first person shooter (MMOFPS) adalah jenis dari game massively multiplayer online yang menggabungkan game first person shooter dengan dunia maya di mana sejumlah besar pemain dapat berinteraksi melalui internet. Sedangkan game FPS standar membatasi jumlah pemain untuk mampu bermain dalam pertandingan multiplayer. ratusan pemain dapat bertempur satu sama lain pada server yang sama dalam sebuah MMOFPS.
Action-Adventure
Game action-adventure menggabungkan unsur-unsur jenis komponen antara game action dan game adventure, biasanya menampilkan rintangan yang berjangka panjang yang harus diatasi menggunakan alat atau item sebagai alat bantu dalam mengatasi rintangan, serta rintangan yang lebih kecil yang hampir terus-menerus ada. Game action-adventure pertama adalah game Adventure (1979) dari Atari 2600.
MMOFPS
Game massively multiplayer online first person shooter (MMOFPS) adalah jenis dari game massively multiplayer online yang menggabungkan game first person shooter dengan dunia maya di mana sejumlah besar pemain dapat berinteraksi melalui internet. Sedangkan game FPS standar membatasi jumlah pemain untuk mampu bermain dalam pertandingan multiplayer. ratusan pemain dapat bertempur satu sama lain pada server yang sama dalam sebuah MMOFPS.
Action-Adventure
Game action-adventure menggabungkan unsur-unsur jenis komponen antara game action dan game adventure, biasanya menampilkan rintangan yang berjangka panjang yang harus diatasi menggunakan alat atau item sebagai alat bantu dalam mengatasi rintangan, serta rintangan yang lebih kecil yang hampir terus-menerus ada. Game action-adventure pertama adalah game Adventure (1979) dari Atari 2600.
Ada pula jenis-jenis game pada PC yaitu:
Dibawah ini adalah jenis atau klasifikasi beberapa
game :
* Simulation Games
Video
Game jenis ini seringkali menggambarkan dunia di dalamnya sedekat mungkin
dengan dunia nyata dan memperhatikan dengan detil berbagai faktor. Dari mencari
jodoh dan pekerjaan, membangun rumah, gedung hingga kota, mengatur pajak dan
dana kota hingga keputusan memecat atau menambah karyawan. Dunia kehidupan
rumah tangga sampai bisnis membangun konglomerasi, dari jualan limun pinggir
jalan hingga membangun laboratorium cloning. Video Game jenis ini membuat
pemain harus berpikir untuk mendirikan, membangun dan mengatasi masalah dengan
menggunakan dana yang terbatas. Contoh: Sim City, The Sims, Tamagotchi.
* Organizational-Dynamic Games
Game
Online adalah game yang menggunakan internet network sehingga game ini dapat di
mainkan atau di akses oleh siapa saja. Selain itu game ini juga tidak hanya
dapat di akses oleh penduduk lokal saja tetapi bahkan hingga keluar negeri.
* First Person Shooter(FPS)
Sesuai
judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga
seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini
mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game
jenis ini sering disebut game tembak-tembakan). Contoh : Call of Duty, Counter
Strike, Half Life dan sebgainya.
* Real-Time Strategy(RTS)
Merupakan
game yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya
pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.
* Cross-Platform Online
Merupakan
game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya
saja need for speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun
Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke
internet sehingga dapat bermain secara online).
* Browser Games
Merupakan
game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat dimana
sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung
javascript, php, maupun flash.
*
Massive Multiplayer Online Games
Game
dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap
pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata
Contoh dari beberapa macam game online
adalah :
- Ragnarok Online
- RF online
- Perfect World
- Yugioh! Online
- Ayo dance!
- Rohan Online
- dll.
- RF online
- Perfect World
- Yugioh! Online
- Ayo dance!
- Rohan Online
- dll.
*
Casual games
Sesuai
namanya, game yang casual itu tidak kompleks, mainnya rileks dan sangat mudah
untuk dipelajari ( bahkan cenderung langsung bisa dimainkan ). Jenis ini
biasanya memerlukan spesifikasi komputer yang standar pada jamannya dan
ukurannya tidak lebih dari 100 MB karena biasanya dapat di download versi
demo-nya di website resminya. Genre permainannya biasanya puzzle atau action
sederhana dan umumnya dapat dimainkan hanya menggunakan mouse ( biasanya game
lain menggunakan banyak tombol tergantung game-nya ). Contoh: Diner Dash, Sally
Salon, Bejeweled, Zuma, Feeding Frenzy, Insaniquarium.
Teknologi Software
setelah
kita menyimak tentang definisi dari game serta jenis-jenisnya, pastinya kalian
penasaran kan tentang bagaimana game tersebut dibuat? berikut ini akan
menjelaskan tools yang mendukung dalam suatu pembuatan game yaitu Game Engine.
Game Engine adalah sebuah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan
dan melakukan pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang
dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop
seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. Fungsionalitasinti biasanya
disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D
atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara,
script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori,
threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan
permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin
permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Mesin
permainan biasanya menyediakan platform abstraksi, yang memungkinkan permainan
yang sama untuk dijalankan pada berbagai platform termasuk game konsol dan
komputer pribadi dengan sedikit, jika ada, perubahan yang dibuat untuk
permainan kode sumber. Mesin permainan yang sering digunakan untuk jenis
aplikasi interaktif real-time dengan persyaratan grafis seperti pemasaran demo,
visualisasi arsitektur, latihan simulasi, dan pemodelan lingkungan. Beberapa
mesin permainan hanya menyediakan waktu-nyata, bukan kemampuan render 3D dari
beragam fungsi yang diperlukan oleh permainan. Mesin ini mengandalkan permainan
pengembang untuk melaksanakan seluruh fungsi ini atau merakit dari komponen
middleware permainan lainnya.
Mesin
jenis ini umumnya disebut sebagai “mesin grafis,” “mesin rendering,” atau
“mesin 3D” bukannya yang lebih mencakup istilah “mesin permainan.” Namun,
terminologi ini tidak konsisten digunakan sebagai banyak fitur lengkap mesin
game 3D disebut hanya sebagai “mesin 3D.” Beberapa contoh dari mesin grafis
adalah: RealmForge, Truevision3D, ogre, Crystal Space, Genesis3D, Irrlicht dan
JMonkey Engine. Permainan modern atau mesin grafis umumnya memberikan adegan
grafik, yang merupakan berorientasi objek representasi dari dunia permainan 3D
yang sering menyederhanakan desain permainan dan dapat digunakan untuk
rendering lebih efisien dari dunia maya yang luas. Beberapa jenis game engine :
*
Freeware game engine/open source game engine
• Blender
• Golden T Game Engine (GTGE)
• DXFramework
• Ogre
• Aleph On
• Golden T Game Engine (GTGE)
• DXFramework
• Ogre
• Aleph On
*
Commercial engines/game engine berbayar (komersial)
• Alamo
• A.L.I.V.E
• BigWorld
• DXStudio
• Dunia Engine
• Euphoria
• GameStudio
• A.L.I.V.E
• BigWorld
• DXStudio
• Dunia Engine
• Euphoria
• GameStudio
NAMA KELOMPOK :
-BAGUS DEO HUMAENI -51411361
- BOBBY HARJOLAKSONO -51411513
-ERWIN SEPTIANTO -52411497
-FEBRI FAKHRUDDIN HARLIYAN -52411769
-MUHAMMAD RIZQI FADHILAH` -54411970
thanks gan infonya, kebetulan ane lagi butuh ini....
BalasHapus